Tuesday, May 30, 2006

cerita ilak - volunteer mobil klinik

mmh… hari sabtu pagi
pertama niatnya ila tuh ngungsi ke gaia tercinta, paling ga mikirnya disini banyak orang gede jadi ada yang nggendhongin nti kalo ada apa-apa. tak tahunya kita malah mobile rencana ke parang endok. sampai di kreteg (sebelum tpr parangtritis) mobil berhenti. abis itu ternyata banyak orang sakit d situ, jadinya kita berhenti dan buka klinik. dan pasiennya…..bikin 2 hari gta doyan makan nasi! darah mengucur dengan luka menganga bercampur batu bata, pasir, beton dan tuncepan kayu, keren banget! selain bisa jadi suster, kita juga jadi kapster loh. kita jadi saloner profesional penggunting rambut pitak tercepat! rata-rata lukane di kepala je! sementara nunggu benang jahit, aku, mbak ari dan novi mbersihin luka dengan cairan infus. sebagian besar luka itu diobatin dengan getah pohon jadinya malah lengket dan susah dibersihin. yang buat aku salut sama wanita: ada cowok2 disitu tapi malah pada mau muntah ga brani bantuin. oya, yang keren satu lagi: kita ga lari loh, tetep aja ngebersihin luka walaupun gempa terus berlanjut. perjuangan kita di pinggir jalan itu tetep berlanjut sampai hari gelap.
malamnya kita ke lapangan blali desa seloharjo. disitu kita berhenti di tengah lapangan. dan pasiennya, ruaaaame buaaanget! sama kayak tadi, sebagian besar orang luka kena runtuhan. banyak yang nangis disitu, rumahe pada roboh. takterasa kita kerja sampe malam. luka sementara dikasih betadin dulu. pembersihan kita dibantu dengan 4 lampu motor. trus saate tidur deh! enak-enake bobo, kakiku dioyol-oyol sama sesuatu. takirain ada anu, ternyata.....ada banyak sekali pengungsi ndesel disitu. waduh, akhire kita pindah ke bilik kecil dan tidur ber3. ditengah kepulasan, hujan amat sangat deras dan gede mengguyur desa blali. berkali-kali gempa susulan terjadi. trus jam2an gitu ada gempa yang aneh. biasane kan herek-herek-herek, tapi pas ini rasana lain ’mak jenggleng’ gitu! aku langsung tangi, takira ada sunami soale aku bangun ga bisa napas. ternyata kepalaku kebuntel sama tenda. wah panik. dengan berkali-kalinya gempa dan berkali-kali panik juga, aku berhasil mendapatkan dampratan dari bu ari. katanya ”wis kowe arep mlayu nangendi mlayua!” hiks...jadi pengin sedih.
hari ke2 minggu
klinik mulai jam 05.30 dengan pasien pertama mual. habis itu disusul pasien-pasien yang luka yang turun dari atas. oya, diatas tuh banyak anak dan orangtua yang belum dapat pengobatan. seperti sebelumnya, kita ngebersihin luka lagi. bantuan dokter mulai ada, bu kusuma dan ius. pak bambang bisa istirahat. temen-temen juga mulai datang jadi agak lega dan terbantu. tapi tetep aja, masih kerja keras disela-sela goyangan ’ajep-ajep.’ siang itu hujan jadi becek. sampai malam, ga da yang spesial. aku jaga mobil dengan ius dan pak bambang. sampai jam 1an. tidur di mobil, enax.
senin
klinik buka pagi lagi tapi pindah tempat biar kering. ada bantuan ko-as jadi klinik dibagi 2 tempat. aku bisa istirahat. ga ding. aku masih nyateti obat dan logistik yang masuk. senin tuh ada apa ya? wooo, ada pasien kena besi timba sumur sampai mengerikan. darahe ga isa berhenti dari kepala. pak bambang dan bukusuma serta patriot2 kita berusaha merampungkannya, dan akhire dirujuk. agak siang ada tim idi dari magelang ninjau, akhire aku ikut satu bapak dan ngangkat embah-embah sekalian lincaknya dan dirujuk karena patah tulang. trus aku baru nyadar kalo aku udah amat sangat bau banget, pas itu aku ngangkat tangan mau ambil obat, dan dokter ko-ase langsung batuk, hihihihi....ya maap! malamnya ada ko-as lagi dan masih disana sampai tadi. cuman mereka sampai aku pulang belum sempat makan loh, kasian. aku lupa sih, abisnya ga da temen jaga dan pasiene lumayan buanyak.
selasa
hari ini ada kabar yang amat sangat menggembirakan : ada mck baru sodara! warnane coklat kotak kecil tapi ga da aire. tapi paling ga kita ga di balik batu lagi. trus aku pulang deh mau mandi. udah bau banget dan celanaku jebol kabeh dengkule ketok. kan malu sama ko-asnya, ganteng je!!!!
catatan : masih ada banyak banget cerita keren, tapi tunggu episode berikutnya yah, aku capek jadi saraf pengingate ga nyambung, ocrehhhh........