Thursday, June 01, 2006

the other side of the coin # 2: senang

senang satu - karena ada banyak ketidak masuk akalan, camp getting better & better, siteplan sudah jadi, hari ini gotong royong mendirikan kampung tenda dengan masyarakat. kiriman bantuan dari temen/jaringan gaiacorps di jakarta bandung, shanghai, jokja, blitar, trenggalek, medan, florida, canada, belanda, dan tempat lainnya *nulis nama lengkap asal organisasi/perorangan dan lainnya nanti saja ya... :-) *.

dan kebutuhan mulai berubah, selimut, pakaian, susu bayi, dan food supplement: kacang hijau dan kawan kawannya. obat juga, kebutuhan mulai bergeser ke per-salep-an: topical antibiotic, topical anti fungi, topical anti fugi; plus vitamin untuk anak-anak: curcuma plus, sakavit, mixafit...plus bumbu masak, dan penting yang ini: pil KB.

senang dua - banyak posko bantuan lain yang menghubungi meminta bantuan obat2an dan makanan, tenaga medis, yang datang ke camp pasti kami layani, tapi yang jauh kami minta untuk datang ke pos di yogya.

untuk bantuan medis, kalau confirmed memang benar dan parah, sepanjang dokter kita tersedia, maka berangkat menuju lokasi dan melalukan treatment disana termasuk kalau harus di rujuk kan ke RS (pls. baca cerita kami di # 1. sedih)

banyak yang datang ke pos yogya entah informasinya dari mana, minta bantuan beras, tenda, bantuan medis...alamak what a mess watemes watemes...! tapi capai senang puas...!

senang 3 - karena volunteer tambah terus, manajemennya pun mulai tertata, semua punya time schedule, kapan ke PMI kapan pulang yogya (PMI: Perumahan Blali Indah, camp kita). Gudang kami di camp sekarang sudah 18 x 6 meter. Ada 2 canadian guys, bawa unit water purifier, gak banyak cingcong, ngajak ke camp, dan sekarang lagi dalam perjalanan, rencananya mau pasang unit mereka disana, no cost, no reimbursement, nothing. god... you're very helpful.

senang 4 - masyarakat yang dibantu sekarang merapatkan diri menjadi 24 kelompok, total 3700 jiwa. setiap kelompok didampingi oleh 2 orang dari volunteer kita, mendampingi beragam hal, mulai dari kesadaran kebersihan, mendegarkan keluhan, memonitor perkembangan kesehatan/sakit termasuk para balita. mengawasi kesepakatan pembangunan rumah tenda di lokasi masing masing.

mendampingi ketua kelompok ketika pembagian jatah, menjadi go-between ketika ketua kelompok menegosiasi front-end manager kita tentang jatah yang ada sebenarnya kurang, minta tambah, dan lain sebagainya.

senang 5 - pernah membayangkan bagaimana caranya ketika ada 21 kelompok masyarakat, masing masing membawa 5/6 orang untuk membawa barang pembagian berkumpul berjajar bersama menghadapi sekian bantuan yang hendak dibagikan, lalu diseberangnya ada kelompok masyarakat yang baru gabung..berharap diikutkan pada pembagian ini dan menjadi anggota kelompok?

yang terjadi dari kami akan teriak...: kados pundi niki...? wonten sederek saking lor desa bade gabung, sedaya 90 jiwa.... dospundi....? (bagaimana ini ada saudara2 dari sebelah utara desa mau join..?)
lalu dijawab bersama: nggih..... mboten napa napa....! (okay... nggak papa...!)
(yang berarti mereka harus merelakan jatah pembagian mereka akan semakin sedikit, karena ketambahan pembagi 90.

senang kan... ketika semua terbuka, ketika yang dibagikan berasal dari rasa rela....
berair mata saya sekarang ini... mending berhenti dulu saja. got2go..!

salam temans, doakan kami mampu menerima amanah ini, entah kapan berhentinya tapi kami mau jalan terus. entah disumbang entah tidak, masa sih 'nafsu' baik tak punya teman lagi di dunia?

* difla - ketua yayasan gaia baru diajak rapat oleh *konsorsium lsm & international agency* di yogya,, dia sedang menuliskan pengalamannya untuk gaiacorpstermasukanda.

* sekedar info, jenis barang yang dibagikan ke masyarakat mulai dari terpal, tenda, lampu petromak, vitamin, instan mie, instant rice, selimut, ember, roti, cookies, mainan anak, air minum kemasan, gula jawa, bumbu masak instant, sampai isotonic drink...entah dari mana datangnya... makasih teman.