Monday, November 15, 2010

how do we do it...? (jilid 1)

dear all,
every step has it's own risk...beberapa liputan tentang kegiatan kita bermunculan di media, dari koran loka: kedaulatan rakyat sampai metrotv. resikonya? selain bantuan dan dukungan makin banyak, pertanyaan aneh tentang gaiacorps juga makin banyak; yang main theme nya adalah: bagaimana kita melakukannya...(dengan kata lain: dari mana duitnya, siapa yang mau melakukan itu?).

so, this how we do it... sangat tidak komplek dan sangat sederhana, berawal dari keinginan untuk berbuat... titik. itu saja.

saling telpon antara jakarta jogja, lalu diputuskan: ok, gaiacorps turun berkerja, dan 'sekian ratus juta kita alokasikan. lalu sms pertama: gaiacorps calling, diteruskan ke puluhan ratusan sms lain, diluncurkan, di convert oleh mungkin puluhanratusan, orang lain menjadi: facebook wall, email, bbm, twitter, serta voice communication. dan jadilah sudah.... kita mulai bekerja.

dapur di setup (koordinator idung), relawan di manage (koordinator yetty), transportasi di siapkan (sekian mobil pribadi yang dipinjamkan, ada xenia, preggio, l300, toyota landcruiser, daihatsu zebra, swift, livina,... + sekian banyak mobil dan driver dari: IOF (indonesian offroad federation) dan PPVW Jogja (pemilik dan penggemar VW), bahan baku di adakan (kalo ini dikeroyok banyak orang), dan dana di mainkan (koordintor difla: uang masuk, ari: uang keluar)... dan komandan pun mulai hectic dan sok pahlawan (yan parhas... pissss bro).

siapa yang membantu?
- para no-one dan nobody: entah siapa mereka, bisa jadi teman dan temannya teman: teman saya, teman anda, dan teman mereka, dari jogja, jakarta, bandung, cilegon, medan, lamongan, amrik, australia, singapura, belanda, dan sekian kota dan negara antah berantah lainnya..(ngasih barang, uang dan dukungan yang luar biasa)
- para lembaga, institusi, dan kelompok komunitas yang datang dengan barang barang atau uang: krakatau steel, berau coal, newmont, united tractors, susu bendera, hipmi jogja, wartajazz, jaran goyang, radio geronimo, radio swaragama, bappeda diy, peiheiai jombang, rotary club, titimatra tujutama, hadrino lawfirms, kompas, dixie resto.... banyak sekali... nanti akan kami publish daftar lengkapnya...

berapa banyak? hmmmm... sampai saat ini, in terms of uang: 400 jutaan sudah dibelanjakan.... sebarannya? ada 3 sumbangan yang lebih besar dari 10 juta dan in total 41 juta. ? lainnya? majority berkisar dari 100.000 sampai dengan 2.000.000, lha kok bisa mencapai angka ratusan juta? ya itulah.. itu yang kami ingin tekankan... we believe on the law of large number (anda semua) dan every penny counts, 1000 orang kali 100.000 menjadi 100.000.000 teman...

bagaimana pertanggungjawabannya? yayasan gaia selalu melakukan external auditing tiap tahunnya, sehingga kegiatan ini tidak akan luput dari ketentuan policy akuntansi serta chart of accounts yang sudah ditentukan (percaya tidak, saat ini kami punya 1 relawan yang tugasnya melakukan internal auditing berjalan, terhadap semua transaksi keluarmasuk project ini, termasuk melakukan valuation untuk segala barang umbangan yang centang prenang, mulai kubis yang campur jadi satu dengan kentang dan daun ketela pohon plus pepaya dan terong dan tomat dan lainnya hahahaha), sampai pakaian dalam wanita bermacam merek yang campur dengan pembalut wanita dan pakaian bayi beragam ukuran... .. duh....).

relawan? hmmmm bungai rampai yang sangat panjang....
- mas x yang jauh dari bintan,,, seorang senior manager di sebuah resort kelas dunia, datang pagi.... merajang bawang, membungkus makanan, merapikan logistik di ruang depan... istirahat, chit chat... dengan relawan lainnya.. lalu menjelang tengah malam, taxi data, si mas x pamit pulang... entah kemana...; lalu esok paginya .. dia sudah datang lagi... dan sudah 5 harian rutinitas ini berjalan...

- mbak y - dari pakaiannya dan gayanya...? no she must be some lady... parkir mobilnya didepan, masuk ke ruang masak (yang sebagian kompornya berbahan bakar arang dan kayu bakar.. bisa bayangkan?), masak dalam diam... jam makan siang menghilang, lalu datang lagi lalu masak lagi... lalu pulang... sampai sekarang saya tidak tahu namanya... dan kayaknya dia juga tidak butuh ditanya... anyway thanks....!.

- hmmm mister q namanya.. punya beragam outlet makanan gaul di jogja.. masih muda gaul, iphone dan bb punya dua duanya hehehehe pissss mister q.... datang liat bahan.. putuskan masak apa .. buka baju pake singlet... srang sreng srang sreng... masak sendirian... and DONE!. lalu pulang...!

- lalu tentu saja ratusan relawan mahasiswa, pekerja, ibu rumah tangga... pelajar, teman , pacar, istri, suami.. yang datang pegan pisau.. merajang sekian banyak bahan.. membungkus puluhan ribu nasi dan lauk..... berkeringat dan bekejaran dengan jam pemberangkatan....... ada yang baru beberapa hari yang lalu, ada yang sejak awal kegiatan sampai sekarang tidak pernah absen barang seharipun... gosssssh... you rock teman..... !
---- bersambung---------