Sunday, June 11, 2006

AWAS! Siap- siap..

Report by: popok tri wahyudi

Ruben.. salah satu transporter kampung tenda gaiacorps, sekarang sedang sakit, saya tadi lupa bertanya pada pak dr.Bambang tentang penyakitnya. Kata Ari, arek ndawar Mojokerto, jawa timur, yang diserahi jadi kordinator mobil klinik, menginformasikan bahwa kemarin Ruben dikasih obat gatal, obat pusing dan vitamin c. Kemudian beberapa teman volunteer yang pulang ke Base, terlihat mulai gejala mau flu dan ada yang sudah flu. Nampaknya peralihan musim sudah datang, dari musim hujan ke musim kemarau.

Dan biasanya di waktu seperti ini adalah musim penyakit.

Tadi sore saya sempat melihat Ruben yang terlihat lemas dan tanganya bercak- bercak merah. Saya tidak tahu pasti sakitnya apa, besok saja saya konfirmasi dengan dr.Bambang biar bisa jelas disebutkan itu penyakit apa. Memang sih kalau kita kurang istirahat, kemudian stamina kita sedang turun adalah saat yang rawan untuk terkena penyakit. Kita tidak boleh lengah, meskipun kita punya fasilitas kesehatan. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Lebih aman dan pekerjaan tidak akan terganggu. Memang kerja di situasi yang serba terbatas, diburu oleh waktu dan volume kerjaan yang banyak. Membuat kita jadi terlena dengan kesehatan kita sendiri.

Seperti yang diceritakan oleh Fandi, Ari dan volunteer yang lain. Situasi angin selama 3 hari berturut- turut bertiup dengan kencangnya. Sehingga beberapa tenda yang ada tidak kuat menahan terpaan itu, seperti tenda untuk mobil ambulance, kemudian tenda untuk menyimpan obat. Ingat teman- teman kita berada di tanah lapang, tidak ada penahan yang bisa meminimalkan hembusan angin itu, jadi kalau memasang pasak tenda, harus yang kuat. Biar lumayan lama kalau diterpa angin lagi.

Selain itu panas matahari yang terik kala siang dan udara dingin dimalam hari. Adalah cuaca yang cukup ektrim. Perubahan yang cukup kontras, hal ini juga merupakan ancaman bagi badan kita. Kalau tidak fit, niscaya kita akan cepat jatuh sakit. Bukannya untuk menakut-nakuti. Sudah saatnya jaket yang tebal, yang cukup dapat menahan cuaca seperti ini harus sudah kita kenakan. Waspadalah…waspadalah….

Sekali lagi warning untuk teman- teman terutama yang dilapangan atau kampung tenda gaiacorps. Jaga kondisi, jagalah dengan arif kesehatan masing- masing. Kalau bekerja jangan terlalu dipaksa. Kondisi alam yang ada dilapangan sekarang sedang tidak kondusif dengan kita. Makanya hati- hati. Makanlah dengan teratur dan istirahat yang cukup. Jangan lupa juga mengkonsumsi vitamin atau suplemen lain yang dapat menjaga kebugaran tubuh.

Berarti kita harus siaga selalu, dari adanya gempa susulan, perubahan cuaca yang ektrim dan who knows, letusan Gunung Merapi. Jangan sampai kecolongan…

Siaga diutara… siaga diselatan…

Siap !