Tuesday, November 16, 2010

how do we do it...? (jilid 3)

supply chain 101 - ini masalah sederhana yang paling rumit di kegiatan gaiacorps saat ini :-) . coba bayangkan:

- ribuan bungkus/kotak/karung sumbangan terdiri dari 3 jenis: bungkus dan isi memang sama isinya, kotak dan isi tidak sama (tapi isi didalam satu jenis); dan yang ketiga isi dan kotak tidak sama isinya (dan isi didalamnya beragam: ada yang celana dalam campur tissue, susu kaleng campur garam+bumbu penyedap ... ini bener2 terjadi)

- jadi kalo kita mau ngirim ke pengungsian, kadang proses memilahnya makan waktu lebih banyak dari waktu ngirimnya

- plus kalau barang yang terbungkus adalah barang special, contoh: susu bayi range umur tertentu, yang kalau sekedar di naik-kan mobil di kirim dan di bagi, akan mubazir tak terpakai dan akhirnya terbuang percuma; karena bayi range umur itu gak lebih dari 2 di satu tempat. padahal kita drop berkotak kotak. isu diatas berlaku untuk: pampers, baju bayi, selimut bayi, dan lain sejenisnya.

- isu lain: beras dan bahan mentah makanan, ini khusus kita peruntukkan bagi sekian banyak dapur umum yang tersebar di area lingkar merapi, yang hidupnya pas-pas-an, beras dan bahan hanya cukup untuk 1 kali makan kedepan, yang tidak pas-pas-an adalah semangat dan hati besar, dan pengorbanan mereka; tanpa banyak cing-cong singsingkan baju, kerjakan, lakukan... mereka inilah para saudara kandung kami, yang kami tidak mau tersengal-sengal napasnya, apapun yang kami punya, kami bagi dengan mereka, sehingga napas tambah panjang, pandangan kedepan makin lapang..... dan cukup rumit membagi barang pas-pas-an ke sekian banyak saudara, komunikasi harus ketat dan melekat: du/dapur umum 1: beras 1 karung, sarden 1 kotak, du 2: gak butuh beras hari ini, tapi dua hari lagi iya, du 3: aqua dan beras juga, tapi punya sayur siap untuk di bagi... puiiihhhh .... gak mudah khan?

salam dari jogja - bersama kita bisa!

-bersambung-