Monday, November 15, 2010

trust: trick or treat....

baiklah... last score... nasi bungkus gaiacorps dalam 3 hari terakhir bertahan di 10 s/d 12 ribu bungkus perharinya... dari 15 ribuan pada hari hari sebelumnya. kenapa? karena beberapa teman di pengungsian sudah berani membuka dapur umum sendiri... untuk 200 s/d 400 orang, bahkan satu teman, mas j dari komunitas alumni sma terkenal di jogja, yang selama ini perharinya menyumbang 100 s/d 200 nasi bungkus ke gaiacorps, sekarang sudah mendirikan dapur umum sendiri di pengungsian daerah sayegan, dengan kapasitas 1000 bungkus perhari.. dan tetap mengirimi kami disini... great.... khan?

tapi juga ada cerita sedih.. entahlah bisa jadi menggembirakan... 4 hari terakhir ini mulai banyak berdatangan tamu individual, kadang sendirian, kadang beserta istri dan anaknya... kadang dengan 1 rombongan keluarga... mengenalkan diri sebagai pengungsi dari daerah x, sekarang tinggal di pengungsian y.. membutuhkan bantuan: sabun, pakaian, pokoknya apa saja yang ada di gudang logistik kami.... hmmmm... lepas dari benar, hoax atau apapun.. tapi kami selalu bimbang... kami selalu berhubungan dengan pengelola atau pendega dari pengungsian bukan dengan orang per orang...

kadang kami yakin seyakin yakinnya apa yang diceritakan tetang duka dan kekurangan memang benar... tapi kadang cerita yang disertai urai air mata... tetap saja membuat kami curiga (duh maap atas sikap kami ini)... dan kadang kami memberi juga... dan terus terang sangat apa adanya.... (maap juga).

dan ini semakin lama semakin banyak jumlahnya.. bahkan waktu kami mulai terasa habis untuk mengelola gelombang permintaan seperti ini... dan akhirnya kami terpaksa memutuskan: no more bantuan individual... kalau ada yang datang kami minta alamat dan kontak leadernya di pengungsian.. dan kalo memang membutuhkan kami akan kirimkan langsung kesana....

dan kegiatanpun berjalan as usual.. jadwal pemberangkatan diisi dengan dua kegiatan besar: 1. pengiriman nasi bungkus yang disertai dengan pengiriman barang (segala air mineral, roti, pakaian, bahan mentah makanan, mainan anak, tikar, sajadah, mukena, sarung, beras, dan lain sejenisnya; 2. pengiriman khusus barang2 ke tempat pengungsian yang tidak termasuk jurusan pengiriman nasi bungkus kita.

sekian cerita... antara kepercayaan dan kecurigaan, jadi teringat adat orang barat: halloween, sehingga trust seakan sebuah todongan pengambilan keputusan: di-trick-in atau di-treat-in.

salam dari jogja - bersama kita bisa!