Monday, November 15, 2010

P/FA - psychological first aid for all (jilid 1)

pernah tahu medical first aid khan? kotak putih palang merah di rumah atau di mobil kita? kita bukan dokter buka mantri.. tapi kita tahu ketika tersayat, atau luka, atau berdarah kita buka kotak P3K, di bersihkan dengan rivanol atau alkohol, tambahkan betadin, andadin atau kitadin dan din din lainnya,... atau mungkin sekedar di tensoplas dan plas-plas lainnya, atau di perban dan tindakan lainnya........

dan kita tahu kapan luka kita bukan lagi urusan kita.. ketika sayatan besar, ada tulang yang patah, dan lainnya.. kita tahu itu bukan yuridiksi kita.... kita tahu harus ke puskesmas, ke dokter, mantri... dan profesional lainnya.

nah bagaimana dengan hal hal yang psikologis? mengapa tidak ada P3K juga (pertolongan pertama pada ke-psikologis-an?). ADA! para relawan yang serta merta datang di lokasi bencana, siapapun yang ada dan membantu ketika bencana terjadi, mereka mencoba menenangkan, itu P3K sebenarnya... hanya saja tidak terstruktur, tidak sengaja, tidak ada aturannya.

nah. sekarang ini, ketika puluhan ribu pengungsi 'nglangut' (mellow+melancholy) di pengungsian, diam gak tahu apa yang harus dikerjakan, mereka butuh P3K yang kedua tadi....

dalam dunia kepsikologian: setiap orang day by day pasti akan mengalami anxiety dan depression entah karena ditinggal pacar, rugi dagang, konflik dengan teman, dan lain sebagainya... tetapi selama itu masih dalam ranah human capability/ranah kenormalan, majority orang akan mampu melewatinya, lewat curhat, pengalihan kegiatan ataupu cara cara lainnya........... dalam hal ini, anxiety dan depresi yang terjadi tidak lebih dari emotional problem yang praktis dialami semua orang......!

tetapi ketika anxiety dan depresi yang terjadi karena beyond human capability (bencana dan massal), bisa jadi saudara2 kita yang mengalaminya akan mengalami anxiety dan depresi dalam jangka waktu yag panjang... yang kalau tidak ada satupun yang dilakukan... maka akan ada yang lolos dan terus menjadi mental disorder: entah ASD - acute stress disorders, ataupun PTSD - post traumatic stress disorder.... kondisi yang sudah dikategorikan menjadi gangguan mental...!

nah.. kami disini mencanangkan sebuah gerakan: P/FA - Psychological First Aid For All, gerakan relawan yang datang dan tinggal di pengungsian, melakukan kontak, menyapa, mengobrol, dan mendegarkan... apapun yang bisa membuat mereka jadi kawan dan buddy bagi saudara2 di pengungsian.. yang tujuannya sederhana: segala upaya supaya anxiety dan depression tidak berubah menjadi ASD dan PTSD, dengan kata lain segala upaya supaya emotional problem jangan sampai berlanjut menjadi mental disorder....! dan kalaupun ada yang lolos, bagaimana kami bisa dengan cepat me-refernya ke para profesional: para psikolog dan psikiater yang berkaitan...!.

siapa mereka para relawan P/FA: mahasiswa psikologi, lulusan psikologi, mahasiswa sipil, kehutanan, dan banyak lainnya.... tadi pagi kamu sudah memulainya... ada 8 orang relawan didampingi koordinator P/FA, seorang psikolog yang cukup kawakan jauh jauh datang dari pekalongan : bajang namanya.

teman... hari ini hari pertama kegiatan P/FA kami akan update jejak langkah mereka di hari hari kedepan..!

catatan: P/FA menggunakan PSYCHOLOGICAL FIRST AID - Field Operations Guide - Second Edition (dari National Center for PTSD, USA) sebagai acuan kegiatan (download address: http://www.ptsd.va.gov/professional/manuals/psych-first-aid.asp).

salam dari jogja - bersama kita bisa!