Sunday, June 04, 2006

Warga Mulai Membangun Hunian yang Lebih Layak

gaiacorps'today, 4/6: 15.30 WIB

Setelah sebelumnya mulai membangun kamp pengungsian dengan perbekalan seadanya pascabencana, kemarin dan hari ini warga Kampung Tenda bersama tim relawan
gaiacorps mulai membangun kompleks tenda layak huni.

Pembangunan kompleks tenda besar yang layak huni untuk warga mulai berlangsung kemarin (3/6) dan hari ini (4/6). Selama dua hari masa pembangunan, gaiacorps menargetkan sebanyak 22 tenda berdiri, masing-masing tenda untuk 5 KK (total akan menampung 110 KK, dengan total penghuni 437 jiwa). Untuk membangun kompleks tenda layak huni ini, dilibatkan sebanyak 30 relawan gaiacorps dan 26 perwakilan dari masyarakat Kampung Tenda dan Kampung Tenda Satelit.

Selain membangun kompleks tenda layak huni, gaiacorps membangun pula 5 kamar mandi dan WC di Kampung Tenda. Yudhi Hermanu dari gaiacorps menjanjikan hari ini infrastruktur Kampung Tenda sudah akan seluruhnya terlengkapi. Fasilitas-fasilitas yang dijanjikan tersebut antara lain: tenda penampungan layak huni, kamar mandi dan WC, ruang serba guna yang diperlengkapi dengan mushola, dapur umum, instalasi air bersih dan sanitasi air, serta instalasi listrik. Sejak kemarin, PLN mengalirkan listrik dengan pemakaian tanpa batas (loss setrum) dan menyediakan sambungan khusus untuk Kampung Tenda Blali, Seloharjo, Pundong, Bantul.

Dengan adanya kelengkapan fasilitas tersebut, tenda-tenda sederhana yang dibangun sendiri oleh warga di sekitar tenda sekretariat gaiacorps sejak hari pertama bencana akan dibongkar, dan warga dapat menikmati hunian baru yang jauh lebih layak. Dari data terakhir yang masuk sebelum laporan ini diturunkan, bantuan gaiacorps untuk Desa Seloharjo mencakup 1201 KK, terdiri dari total 4385 jiwa dengan perincian 320 bayi, 716 anak-anak, 35 ibu hamil dan 796 penduduk lanjut usia dari 11 dusun.

Selain Kampung Tenda, masyarakat membangun pula Kampung Tenda Satelit di daerah-daerah yang letaknya terlalu jauh dari Kampung Tenda. Saat ini tercatat sebanyak 25 Kampung Tenda Satelit tersebar di sekitar Kampung Tenda. Masing-masing Kampung Tenda Satelit tersebut masih belum memiliki fasilitas MCK yang layak. Mulai tanggal 10 mendatang, tim gaiacorps akan melakukan survey ke Kampung-Kampung Tenda Satelit dan membangun fasilitas kamar mandi/WC untuk warga, setelah terlebih dahulu menentukan lokasi. Pada masing-masing Kampung Tenda Satelit akan dibangun 1 kamar mandi dan WC.

Sementara membangun, tim relawan gaiacorps bersama perwakilan warga juga melakukan penyisiran dan melakukan quick thematic mapping assessment, untuk memetakan kondisi tempat tinggal warga. Kegiatan sudah dimulai sejak kemarin dan diselesaikan hari ini. Hasil quick thematic mapping assessment mencatat, terdapat 1075 rumah dengan kondisi 122 rusak sedang, 745 rumah rusak berat, dan 208 rumah rusak total. Tim relawan gaiacorps membagi tingkat kerusakan rumah warga ke dalam tiga kategori. Kategori rusak sedang untuk kisaran kerusakan bangunan 10 hingga 75%, rusak berat untuk kerusakan bangunan 76 hingga 90%, dan rusak total untuk kerusakan bangunan 90 hingga 100% (runtuh total). Sore ini, melalui rembug warga, hasil pemetaan akan dikonfirmasikan kembali kepada seluruh warga. Dari forum tersebut, warga akan membicarakan solusi yang terbaik untuk mereka selanjutnya. [m]